Spesies Apaan Sih Ikan Pepetek??

By admin
In Artikel
Jan 21st, 2016
1 Comment
4546 Views

Spesies Apaan Sih Ikan Pepetek?? 

(Atikel di: catatan-yudha.blogspot.co.id yang di modifikasi oleh Koperasi Desa)

7267249800_4f67fbc39f_bPernahkah mendengar tentang nama Ikan Pepetek? Apa yang kalian ketahui tentang jenis ikan tersebut?. Tidak hanya kurang familiar ketika mendengar nama ikan ini di sebut, admin sempat tengok kanan kiri awal pertama mendengarnya, pertanda penuh dengan tanda Tanya besar di kepala. Nah, berbicara tentang ikan pepetek, ada cerita niiih…

Sebenarnya bagi penduduk yang bermukim di jawa barat khususnya Cianjur mungkin nama ikan ini begitu famous. Seorang rekan kerja saya yang bernama Aang adalah pemilik usaha kudapan Ikan Balita Goreng yang memilih ikan pepetek sebagai bahan baku utamanya.

Dari begitu banyak informasi yang diserap oleh ‘mbah gugle’ ternyata baru sedikit yang bisa mendeskripsikan kata petek / pepetek, namun dalam situs Wikipedia aku mendapatkan definisi dari spesies ikan ini. Petek / Pepetek adalah sejenis ikan yang dalam bahasa latinnya Parambasiss ranga, seperti ikan teri yang ukurannya kecil-kecil. berbadan amat pipih, bersisik kecil-kecil berkilat, berahang yang dapat menjulur untuk mengisap makanan.

Ikan ini di anggap limbah oleh warga sekitar waduk cirata karena jumlahnya yang begitu banyak dan nyaris tidak di hargai. Di tangan Aang rekan kerja yang juga menjabat sebagai tenaga ahli AMDAL di perusahaan, ikan petek ini menjadi lebih memiliki nilai jual.

26519161-d156-4945-9d03-c9f17b3c218e

Aang tidak serta merta memilih ikan ini untuk di olah, melainkan membuat observasi dan survey lapangan terlebih dulu sebelum memutuskan ikan ini layak atau tidak untuk di konsumsi dan di kemas menjadi sebuah produk yang bernilai jual. Karena kebetulan background pendidikannya saat itu sebagai seorang mahasiswa Institut pertanian Bogor, maka tidak sulit baginya untuk mendapatkan informasi dan materi yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan informasi yang cukup dan mengetahui bahwa sebenarnya dalam ikan ini terdapat nilai gizi yang tinggi, maka ia memutuskan untuk mengolah ikan pepetek agar lebih berharga.

Crispy Ikan Masperfood Bisa Jadi Camilan Kapan Saja

AjH-C2yCNm4mhj6YTH_alYKPCxzpA79e35SHbG5HmdqMBerbicara tentang kuliner, serasa tidak akan pernah ada habisnya, bayangkan di Indonesia saja disamping suku dan budaya yang beragam, jenis makanan pun terbilang sangat kompleks dan selalu berkembang hingga kini.

 

Ditambah lagi produk olahan yang  bentuknya mulai dari original sampai  modifikasi semakin berinovasi seiring berjalannya waktu. Berbagai daerah terus saja mengeluarkan inovasi dari produk yang sudah ada. Dan yang bertahan hingga saat ini adalah makanan yang terus berkembang tanpa meninggalkan ciri khas daerahnya masing – masing.

Aku sendiri adalah pecinta makanan yang krenyes-krenyes…  kalo bahasa kerennya sih Crispy. Entah itu yang berbahan baku daun, kacang, ikan, cumi, ayam, ah… apapun bentuknya asalkrenyes-krenyes pasti bisa bikin nagih..apalagi kalo rasanya gurih…wuiiiih.. bakalan ngga pindah tempat hingga wadahnya bersih 🙂

Naah…ngomong – ngomong tentang “Crispy” nih,  secara ngga sengaja Aang bercerita tentang usaha ikan balita crispy yang ia buat dalam usaha skala home industry. Dengan membuat kudapan bertema olahan ikan balita goreng yang renyah dan halal di daerah Cianjur, Jawa Barat ia memberi nama produknya “Crispy Ikan Masperfood”. Konon makanan ini sudah melanglang buana hingga berbagai penjuru nusantara melalui media online jejaring sosial. Ikan balita yang menjadi bahan baku utama terdiri atas beberapa jenis ikan yang di mix, yaitu dari jenis ikan mas, nila dan pepetek tawar.

Sejak awal mendengar namanya saja aku sudah “mupeng” ….”Ikan Crispy”. Gimana ngga….. nah sebagai penggemar berat makanan crispy. Apalagi nih bahan bakunya dari ikan… hal ini membuatku penasaran. Kebayang kalo ikan balita ini bisa habis di lahap hingga tulang-tulangnya. Tapi yang bikin makin penasaran adalah nama ikannya yang lumayan sundanese, hmmm..pepetek tawar.

Sebungkus ikan balita bertuliskan “Crispy Ikan Masperfood” teronggok manis di meja kerja, aku sudah menebak dari siapa gerangan datangnya makanan ini. Akupun tersenyum simpul melihat bungkusan itu mulai menari-nari di otakku. Tak pelak lagi kubuka seal nya yang masih tertutup rapat hingga menggugah selera saat terbuka dan mulai berhamburan keluar dan berjoget-joget di tanganku. *lebayDikitGapapayaaa*

Rupanya ia sudah mengetahui seleraku yang krenyes dan pedas. Karena produk crispy ikan masperfood ini punya dua varian, original dan pedas, ia membawakan sesuai dengan seleraku yang pedas ajiiib…

IMG-20151201-WA0037Begitu masuk kedalam mulut, serpihan bubuk cabenya langsung menggerogoti lidahku. Memang tidak seperti produk kripik singkong yang terkenal dengan pedas levelnya, tapi jika kalian memiliki selera pedas, tingkat pedasnya lumayan bikin penasaran. Kolaborasi dari ikan yang berbalut tepung ini begitu renyah. Bumbunya terasa di lidah.. dan makanan ini sangat cocok untuk disantap dengan ataupun tanpa panganan utama seperti nasi maupun lontong. Menurutku Idenya membuat ikan pepetek sebagai bahan baku utama kudapan “Crispy Masperfood” sangat tepat dan brilliant.

Yang membuat makanan ini menjadi khas adalah, jenis ikan pepetek konon hanya hidup dan berkembang di waduk Cirata, Saguling, dan Jatiluhur adalah 3 waduk terbesar yang berlokasi di Cianjur Jawa Barat… Wow, lagi-lagi hal ini membuat ciri tersendiri bagi produk Crispy Ikan Masperfood yang mengusung ikan pepetek sebagai bahan baku utamanya.

Bagi pecinta makanan crispy, IkanCrispy Masperfood merupakan salah satu alternative makanan yang patut di coba. Karena selain bisa di makan langsung sebagai camilan, juga dapat dimakan bareng nasi/lontong plus lauk pauk yang lain sebagai teman makan pagi,siang, maupun malam. Apalagi kalo di tambah kuah rendang *yummy* 😛

Aiiiih…. Jadi laper nih lama – lama ngebayanginnyah….

“Aang… Beli satu yaaah… berapa sih? Rp.15.000 ya? Kembali lima ribu yaaa………” 😀 (2013)

ddc66e71-3a7d-4472-9b32-2548d1373d35Sementara itu, dalam rangka memperluas jaringan distribusi, Aang Juga pernah cerita kalo dirinya menerima reseller dengan harga lebih murah tentunya. Ia juga menerima pengiriman melalui Ekspedisi seperti yang pernah di ceritakan di atas. Untuk konfirmasi lebih jauh tentang masalah bisnisnya silahkan menghubungi PIC nya aja yaaa  di 0813 1714 5318 #PromoTerselubung

Nah… buat yang mau bisnis sambil ngemil…. cobain deh gurihnya Ikan Crispy Masperfood :)))

Sumber: http://catatan-yudha.blogspot.co.id/2013/12/ikan-crispy-masperfood-ngemil-okeh.html

 

Info Kantor Pemasaran Crispy Ikan

  • Admin : 0812 8885 0337
  • BB : 564BA22B

 

One Response to “Spesies Apaan Sih Ikan Pepetek??”

  1. […] Ikan Sipetek adalah makanan olahan ikan yang terbuat dari Ikan Petek Danau yang diambil di Waduk Cirata. Ikan ini dipilih karena memang bentuknya yang kecil, sehingga bisa […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

facebook comments: