Rindu Koperasi

By admin
In Artikel
Nov 3rd, 2015
1 Comment
677 Views

Koperasi, sebuah ide dan cita-cita salah satu pendiri negeri ini untuk masuk menjadi soko guru perekonomian yang disejajarkan dengan BUMN dan Swasta. Perkembangannya kini, semakin dilupakan. Pembentukan koperasi yang seharusnya didasarkan pada kepentingan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan kesejahteraan dan cita-cita para anggotanya, arahnya mulai bergeser dengan citra untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

OurIdentity_OurMarqueKoperasi yang didasarkan pada semangat menolong diri sendiri (self help) dan bertanggung jawab pada diri sendiri (self responsibility) kini mulai hilang kendali, hanya menjadi sebuah perusahaan-perusahaan biasa yang ingin mengeruk keuntungan semata. Pendidikan koperasi yang merupakan inti dari tercapainya partisipasi anggota, sudah jarang dihadiri bahkan diadakan oleh pengurusnya.

Bukan saja anggota yang belum paham koperasi, pengurus dan pengawasnya pun lalai akan tanggungjawab dan perannya mengemban tugas untuk menjalankan roda koperasi sesuai dengan jalur dan track yang dahulu dikemukakan oleh pencetus dan pemberi ide koperasi Robert Owen di Rochdalle, Inggris.

Kaderisasi aktifis koperasi dan pemahaman tentang ekonomi koperasi sudah dikebiri dengan dijauhkannya materi koperasi di seluruh silabus dan fakultas ekonomi di negeri ini. Koperasi mahasiswa yang seharusnya mampu mengambil peran untuk ikut mensosialisasikan ide dan pemikiran koperasi, sekarang hanya sebagai ladang belajar kewirausahaan murni.

Koperasi yang besar dan kuat dan berpengaruh sudah tercipta di belahan bumi lain, seperti Zen-Noh di Jepang, Fair Price di Singapura, Credit Union di Canada, Bagaimanakah masa depan koperasi di Indonesia? Citra koperasi tidak lebih dari lembaga simpan pinjam dan usaha yang dikelola oleh orang tua.

Memudakan dan menanamkan ide koperasi untuk anak muda perlu waktu dan usaha ekstra, apalagi melibatkan mereka dalam kegiatan dan aktifitas-aktifitas nyata di lapangan. Pertanyaan pertama dan utama yang muncul selalu, Apa manfaat saya ikut koperasi? Berapa Jumlah SHU yang diperoleh ketika saya berkoperasi? Selain itu pembentukan koperasi banyak didasari ole hide segelintir orang yang disampaikan ke banyak orang. Bukan ide sekelompok orang, kemudian muncul ide bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama atau untuk melawan dominasi system ekonomi kapitalis yang sudah mengakar kuat di negeri ini.

Berkoperasi bukan hanya didasari oleh kepentingan ekonomi semata, berkoperasi adalah wujud perlawanan atas system ekonomi yang ada, berkoperasi adalah wujud kemandirian atas usaha-usaha kita, berkoperasi adalah tanggungjawab untuk mengentaskan lingkaran kemiskinan yang terjadi di masyarakat kita.

One Response to “Rindu Koperasi”

  1. blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

facebook comments: