Bank Indonesia, di hari Jumat (Part 2-Habis)

By farisbudi
In Artikel
Oct 17th, 2014
0 Comments
424 Views

Ketiga, Tugas Khalifah ada dua: Membangun dan Memelihara. Pesan Ustad jika memang kita belum bisa membangun cukup kita memeliharanya. Namun, kondisi saat ini tidak banyak orang yang mau dan mampu memelihara bumi. Banyak dari manusia yang berbuat kerusakan dan melakukan pertumpahan darah. Karena malaikat pernah mempertanyakan juga kepada Allah, Mengapa menciptakan manusia? Padahal ia hanya akan melakukan kerusakan dan pertumpahan darah di Bumi ini. Namun, kuasa Allah memang tidak ada yang menghalangi.

Karena diberikan kelebihan dan kesempurnaan ciptaan ini maka manusi bisa berwujud malaikat atau Jin. Bahkan dalam suatu riwayat bahwa manusia derajanya bisa melebihi malaikat dan bahkan dibawah jin. Oleh karena itu, manusia memang merupakan mahkluk ciptaan Allah yang sempurna.
Keempat, Tugas sebagai khalifah itu seperti apa? Ternyata ada 5, yang dibangun dan dipelihara pesan khatib:
1.      Agama, ya kita harus senantiasa membangun pengetahuan agama kita. Karena inilah yang akan menyelamatkan kita di dunia ini. Rosulullah SAW sebelum meninggal berpesan kepada Putri Kesayangannya Fatimah Az Zahra, bahwa untuk terus memelihara keluarga dalam agama Allah. Karena ayahmu (Nabi Muhammad SAW) tidak bisa memasukkan mu ke dalam surga. Sehingga dari Perumpuan inilah lahirlah tokoh-tokoh besar agama islam. Sampai walisongo di Indonesia pun konon dari keturunan Fatimah dan Ali. Masya Allah, Maha Besar kuasa Allah terhadap putra-putri yang barokah.
2.      Jiwa, saya lupa keterangannya mungkin sedang tertidur.
3.      Akal, akal harus dibangun dan dipelihara karena kemampuan akal inilah yang Allah janjikan untuk ditinggikan kepada orang-orang yang berilmu. Oleh karena itu, kita harus punya kompetensi di bidang tertentu yang menjadi identitas kita.
4.      Masyarakat, masyarakat ini menjadi penting karena akan menimbulkan kehidupan yang madani. Kehidupan yang saling menghormati dan menyayangi. Dalam konteks kenegaraan masyarakat penting untuk dibangun dipelihara agar negaranya menjadi kuat.
5.      Harta, karena kefakiran dekat dengan kekufuran oleh karena itu, umat islam haruslah kuat untuk memiliki harta yang baik untuk dpat menjalankan perintah-perintah agama seperti zakat, infaq, shodaqoh, umrah, haji, dll
Itulah sekilas perjalanan setengah hari saya di Bank Indonesia, mohon maaf jika memang tidak disertakan rujukan surat-surat dan dasar hadistnya, jika ada yang mau memperbaiki, mengoreksi, meluruskan tulisan ini, saya sangat terbuka
Wallahu a’lam bishawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

facebook comments: