Panduan Perubahan

By farisbudi
In Muhasabah
Sep 29th, 2014
1 Comment
587 Views
Perubahan, merupakan slogan yang akan terus ada hingga kehidupan di bumi ini berakhir. Semua orang berlomba-lomba untuk berubah, berubah untuk kehidupan lebih baik, berubah dari bodoh menjadi pintar, berubah dari zaman jahiliah ke zaman yang bertuhan, berubah dari tinggal di desa menuju ke kota. Semua orang pasti membicarakan tentang perubahan.
Begitu pula dengan diri kita, kita juga selalu berubah dari anak-anak menjadi dewasa, dari sekolah SD hingga perguruan tinggi, dari tidak tahu menjadi tahu. Itulah perubahan, bahkan bukan hanya makhluk hidup saja yang mengalami perubahan, sistem ekonomi, pemikiran, penjajahan, perang pemikiran, bahkan benda mati pun juga ikut berubah ada batu, besi, emas, perak tembaga dan masih banyak lagi. Semuanya berubah.
Tetapi ada 1 yang tidak pernah berubah di dunia ini, yaitu Al Quran. Wahyu Allah SWT yang diturunkan melalui malikat Jibril ini kepada Nabi kesayangan kita Rosulullah Muhammad SAW yang menjadi pedoman kehidupan bagi umat Nabi yang terakir ini, memang tidak pernah berubah dan akan tetap dijaga keasliannya oleh Allah SWT. Wahyu ini adalah bukti kecintaan Allah kepada makhluk-Nya, berisi guideline-panduan kehidupan manusia sejak sebelum lahir hingga meninggal.
Allah SWT cinta kepada makhluk-Nya dan cinta-Nya melebihi cinta siapapun di Dunia ini. Karena secinta-cintanya makhluk kepada makhluk lain ia tidak akan pernah memberikan panduan yang selengkap Al Quran yang terdiri dari 114  surat dan 6666 ayat dan terhitung di quran saat ini 6236 ayat. Semuanya lengkap berikut dengan penjelasan-penjelasannya. Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya. Tugas kita adalah mulai mempelajarinya, sedikit demi sedikit.
Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai menyadari bahwa: Sudah banyakkah hal yang berubah pada diri kita? Berubah menjadi lebih baik atau justru sebaliknya? Mari kita renungkan bersama-sama. Pada titik tertentu perlu kita untuk rehat sejenak, menyadari dan mengenali diri kita sendiri, sudah sampai manakah perubahan menghantarkan menuju tujuan hidup kita?
Bekal ilmu, pendidikan, pengetahuan, pengalaman yang kita raih selama bertahun-tahun, sudahkah mulai kita tuai dan rasakan manfaatnya? Atau justru setalah bertahun-tahun kita berproses malah kebingungan karena saking banyaknya informasi yang didapatkan? Pada zaman saat ini memang tugas kita cukup untuk memilih. Semua informasi sudah tersedia, semua pengetahuan sudah tersedia, semua aktifitas kegiatan juga telah tersedia, tinggal bagaimana kita akan memilihnya.
Kemampuan memilih ini memang sangat tergantung pada perubahan input yang sudah kita peroleh sampai saat ini. Suatu saat kita merasa baik-baik saja dengan yang sudah kita jalani, seiring bertambah dan berubah-nya input mulai berfikir lagi, ternyata sedikit demi sedikit mulai diungkapkan bahwa: banyak hal yang kita lakukan, yang kita taati, yang kita pahami, yang kita jalankan, sudah jauh melenceng dari tauhid agama kita, agama islam yang merupakan satu-satunya agama yang terjaga kemurniannya hingga akhir zaman. Yang hanya memberikan panduan bahwa Allah lah satu-satu nya Zat yang Maha Berkehendak. Laa hawla walaa Quwwata illaa Billah..
Rosulullah SAW sudah memesankan kepada kita semua bahwa, Belajar yang paling Utama adalah mempelajari AL Quran dan Al Hadist, karena itulah yang akan mengantarkan kita kepada kesuksesan yang sesungguhnya, sukses dunia dan akhirat.
Wallahu A’lam Bishawab..

One Response to “Panduan Perubahan”

  1. Welda Yunita says:

    yaaaa 'berubah” adalah suatu keharusan untuk bertahan hidup. jerapah akan punah kalau tidak merubah cara mendapatkan makanan. berubah agar mampu beradaptasi. berubah agar mampu merubah. waktu terus berputar, proses terus berlanjut, orang-orang sudah berlari mengejar mimpi.apakah kita hanya akan tinggal diam dan meratapi???dalam Alquran pun sudah dijelaskan dengan sangat gamblang, allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali mereka(kaum tersebut) berubah. berubah juga bisa berarti berusaha, bergerak, berproses. yaaahh tentu tidak hanya mengejar dunia. sudah tentu pasti tujuan akhir dari suatu perubahan adalah mengharap surgaNYA. mari melakukan perubahan, dari hal kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang. dan setelahnya yuk ajak teman, sodara, tetangga. nice article ris..tetap menulis, tetap menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

facebook comments: