The Alchemist

By farisbudi
In Profil
Sep 7th, 2014
3 Comments
757 Views
Buku karangan Paulo Coelho ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca bagi semua orang yang ingin menjemput takdir-mewujudkan cita-cita-nya. Saya membaca buku ini karena saran dari kawan, agar membaca buku ini sebelum saya melengkapi dengan buku-buku lain seperti seven habits, the magic of thingking big, cashflow quadrant, how to influence poeple, personality plus, 21 law of leadership, dll. Ya setelah saya menyelesaikannya ternyata benar, dan sungguh takjub dengan pengarang buku ini.
Buku ini sebenarnya cukup tipis 213 halaman dengan ukuran buku A5, sehingga hanya butuh waktu seharian untuk menyelesaikan buku ini. Misal kita luangkan membaca di hari minggu. Namun, saya menyelesaikannya dalam waktu 4 hari. Maklum dapat jatah bukan hari minggu.
Buku yang alur utamanya cukup sederhana ini, yaitu keinginan seorang anak penggembala spayol yang ingin pergi ke mesir (piramida) untuk menemukan harta karun. Ya simple, tetapi kemasan yang dirangkai oleh seorang penulis dalam cerita ini merupakan hal yang sungguh menakjubkan.
Ada satu catatan penting bagi teman-teman yang ingin membeli dan membaca buku ini:
  • 1.      Harus memiliki mimpi
  • 2.      Harus memiliki kedewasaan berfikir
  • 3.      Harus memiliki empati terhadap lingkungan sekitar
  • 4.      Memiliki pengetahuan agama Islam yang cukup
  • 5.      Bisa membayangkan kondisi lingkungan di daerah gurun
  • 6.     Akan lebih baik jika memiliki pengetahuan tentang filsafat yang cukup, tentang agama samawi, sejarah dunia dan unsur2 kimia.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini penuh dengan kiasan sehingga, ketika pembaca belum memiliki kekayaan pengetahuan tentu akan menganggap buku ini biasa-biasa saja. Tugas pembaca adalah mentafsirkan kiasan-kiasan yang ada di dalam buku ini dihubungkan dengan keadaan-keadaan di sekitar kita. Saya sendiri mengakui masih belum bisa mengartikan secara keseluruhan makna yang ada dalam alur cerita ini. Ada beberapa hal yang masih bertanya-tanya, karena keterbatasan pengetahuan saya. Karena, disetiap halaman yang ada di buku ini mengandung banyak sekali makna tentang kehidupan, baik untuk berkaca pada diri sendiri maupun kondisi di lingkungan sekitar kita, untuk pekerjaan, usaha, pendidikan, karir, cinta, mimpi, visi, dan masih banyak lagi.
Dengan novel se-singkat ini, saya kagum akan bahasanya yang sangat kaya akan makna, luas akan ilmu, dan dalam menyentuh qalbu. Memang ketangguhan penulis dan pengalaman penulis yang luar biasa. “Maktub!!!” begitulah cara Tuhan mempetemukan saya untuk membaca buku ini. Buku ini semakin menguatkan saya untuk terus berjuang dalam menjemput takdirku.  Saya menyadari bahwa dalam seluruh rangkaian buku ini, kehidupan saya sediri pada saat ini (Agt 2014) masih bekutat pada episode awal dalam novel ini. Sehingga saya masih sangat penasaran apa yang akan terjadi kedepan dalam menemukan harta karun saya.
Namun, sebagai orang yang beriman dan berislam tentu sebenarnya Al Quran sudah sangat lengkap membahas dan menceritakan apapun yang ada di dunia ini. Buku-buku yang kita baca hanyalah pelengkap dan untuk mempermudah dalam memaknai dan memahami Al Quran. Bagi manusia awam seperti saya akan perlu waktu untuk memahami isi kandungan Al Quran, oleh karena itu buku-buku pendamping seperti yang saya sebutkan diatas akan menjadi bahan baku yang lebih sederhana dalam memaknai arti kehidupan kita. Wallahu’alam..

3 Responses to “The Alchemist”

  1. NellyAde says:

    Buku luar biasa . Buaguus.
    Setelah membaca ini :
    – membuka pandangan baru terhadap dunia. Begitu Luaaaass. Penuh Makna.
    Yg sblmnya beneran gak pernah aku tau sama sekali. Apa itu -Legenda Pribadi, Jiwa Buana, Pertanda, n msh bnyk lg.
    Membaca ini sprti aku berada di dunia lain. Terbawa arus pengembaraan 'si bocah'. Amazing!

    – Mulai mengerti arti dari sebuah pertanda, kata hati.
    Bahwa betapa pentingnya kita dlm menjalani khidupan ini, untuk turut menyertakan suara hati, meyakini dan mengikutinya.
    Setelah 7KR, The Secret, buku ini seolah mjd Rumus2 baru dlm Universitas Kehidupan.
    Yg ketiganya hmpir sama mngajarkan bahwa adanya Hukum Tarik Menarik / Law of Atraction (LOA) antara Pikiran, Hati kita dg Hukum Alam Semesta.

    – Semakin yakin akan kebenaran dari Impian. Dan mengatasi rasa takut.
    Sebenarnya semua orang memiliki intuisi, insting dlm masing2 hati n pikirannya.
    Hanya karena mereka tidak atau mungkin belum menyadari bisa dikarenakan mentalblock2 (bisikan2 negatif) maka mereka memilih untuk menyerah dan menyianyiakan insting (kata hati tsb). Dan menelantarkan impiannya.

    Intinya dari buku ini aku belajar tentang :
    “Meyakini suara Hati, Mempositifkan Pikiran, Mengelola rasa takut, menyingkirkan mentalblock, menembus batas cakrawala dan alur kehidupan sebelumnya. Untuk kemudian dibukakan pemahaman baru tentang Dunia, Impian, Hati, Pikiran, Pertanda, dan Cinta.”

    #Semoga makin sering nemu n nglahap buku2 mcm ini. 😀

  2. Terima kasih Nelly, semoga semakin semangat dan sukses menjemput takdirnya

  3. Santiago says:

    You plainly do not recognize anything about alchemist book
    review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

facebook comments: